Begini Cara Membuat Komunitas di YouTube Beserta Langkahnya

Cara Membuat Komunitas di YouTube – Komunitas adalah sebuah kelompok sosial yang biasanya memiliki ketertarikan dan minat yang sama. Dalam segi sosial, komunitas merupakan aset yang sangat penting karena bisa membantu dalam memberikan feedback bagi individu. Oleh karena pentingnya komunitas, banyak orang yang mencari cara membuat komunitas di YouTube beserta langkahnya.

Cara membuat komunitas YouTube sangat mudah untuk dilakukan, hanya tinggal mengikuti instruksinya saja. Meski terbilang mudah, namun masih banyak yang belum tahu caranya membuat komunitas YouTube. Oleh karenanya, di bawah ini akan diberikan langkahnya.

6 Cara Membuat Komunitas di YouTube Beserta Langkahnya

cara membuat komunitas di youtube
cara membuat komunitas di youtube

1.  Tanamkan Mindset

Di dalam hal membuat komunitas YouTube yang pertama yaitu menanamkan mindset bahwa YouTube adalah sebagai tempat berdiskusi bagi banyak orang. Hal tersebut sangat penting untuk dikerjakan agar tujuan yang dicapai pun bisa terwujud, yakni mendapatkan feedback.

Para anggotanya harus menyadari bahwa platform YouTube yang digunakan adalah sebuah jejaring sosial di media sosial. Apabila mindset tersebut sudah tertanam, maka anggota pun bisa mencari video atau konten berdasarkan koneksi secara online di YouTube.

2.  Tumbuhkan Rasa Keterhubungan

Berikutnya perseorangan harus punya ketertarikan yang sama dan saling menumbuhkan rasa keterhubungan. Hal tersebut dapat dibentuk dengan seringnya melakukan diskusi dan interaksi di platform YouTube. Tak adanya keterbatasan membuat hubungan jadi terkoneksi.

Baca juga : Cara Mengatasi Virus Shortcut

Rasa keterhubungan tersebut dapat dimulai dengan adanya like, komentar dan subscribe yang biasa disediakan oleh anggota komunitas YouTube. Kedua hal tersebut tidak sama dengan jumlah view yang dapat diperoleh tanpa harus membentuk suatu komunitas YouTube.

3.  Tentukan Subjek dan Objek

Tahapan selanjutnya dari cara membuat komunitas di YouTube yakni dengan menentukan subjek dan objek. Bermula dari sebuah komunitas yang sama, pasti ada ketertarikan dan minat terhadap video serta konten yang disajikan di dalam channel YouTube tersebut.

Anggota bisa diibaratkan sebagai subjek dan video yang dibagikan adalah kontennya. Jadi tetap akan ada hubungan timbal balik yang terjadi di sebuah komunitas YouTube. Inilah pentingnya serta kelebihan dari sebuah komunitas di platform YouTube bagi kebanyakan pengguna.

4.  Lakukan Interaksi Teratur

Apabila keseluruhan hal yang diperlukan di komunitas sudah mendukung, maka mulailah menciptakan interaksi secara teratur. Melakukan interaksi teratur adalah poin yang penting sebab agar ada hubungan dan keterkaitan antara anggota satu dengan yang lainnya.

Para anggota komunitas dapat melakukan diskusi, sharing dan tanya jawab di dalamnya. Jika interaksi tersebut dilakukan secara teratur, maka akan terbentuk suatu komunitas yang solid pastinya. Sebab sering terjadi hubungan dan saling menjalin komunikasi satu sama lainnya.

Baca juga : Cara Mengatasi Gagal Registrasi Paket Indosat

5.  Minta Rekomendasi Teman

Dalam sebuah komunitas, para anggota yang tergabung di dalamnya bisa memanfaatkannya untuk meminta rekomendasi kepada teman. Minta tolong kepada teman dan meminta pendapatnya mungkin adalah sebuah feedback positif yang bisa diberikan dalam komunitas.

Minta tolong kepada teman untuk menyarankan channel yang punya video dan konten yang baik adalah cara terbaik untuk melakukan komunikasi. Biasanya, jika direkomendasikan oleh orang terdekat di dalam komunitas, maka hasilnya akan terpercaya dan terbaik.

6.  Pastikan Anggota Punya Ketertarikan Serupa

Langkah terakhir, pengguna bisa memastikan anggota punya ketertarikan serupa dan minat pada hal serupa. Memastikan anggota punya ketertarikan yang sama adalah hal terpenting agar mengetahui bahwa para anggotanya sudah masuk dalam komunitas yang sesuai.

Demikian informasi mengenai cara membuat komunitas di YouTube beserta langkah-langkahnya yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Karena mudahnya membangun sebuah komunitas di YouTube maka cara tersebut bisa diterapkan oleh penggunanya.

Tinggalkan komentar