Begini Cara Mengatasi Baterai Drop Paling Mudah?

Cara Mengatasi Baterai Drop – Sebagai pengguna ponsel yang bijak, tentu sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi baterai drop. Secanggih apapun ponsel yang dimiliki namun jika baterainya mudah rusak pastinya tidak akan berguna kan?. Saat ngedrop penggunanya bisa melakukan langkah untuk mencegah daya yang terus berkurang. Berikut adalah beberapa langkah mengatasi daya baterai ngedrop.

5 Cara Mengatasi Baterai Drop Paling Mudah

cara mengatasi baterai drop
cara mengatasi baterai drop

1. Atur Kecerahan Layar

Sebagai langkah awal yang paling mudah dilakukan pengguna untuk mengatasi drop baterai adalah atur kecerahan layar ponsel. Mungkin masih banyak yang belum sadar jika kecerahan layar juga mempengaruhi konsumsi daya baterai. Jadi, makin terangnya layar ponsel akan menyebabkan daya banyak terbuang.

Maka pengguna bisa mengurangi tingkat kecerahan dari layar ponsel agar tidak boros konsumsi. Pengguna bisa mengurangi kecerahan secara manual maupun memakai mode kecerahan otomatis. Dengan mengurangi kecerahan layar dapat bantu mencegah daya baterai boros.

2. Mengaktifkan Power Saving

Mencegah baterai ponsel mudah ngedrop juga bisa pengguna lakukan dengan memakai fitur power saving. Power saving ialah mode penghemat konsumsi baterai, nantinya fitur tersebut bisa secara otomatis menonaktifkan koneksi wifi ataupun bluetooth untuk menghemat daya.

Baca juga : Cara Mengatasi USB Not Recognize

Pengguna bisa mulai mengecek apakah ponselnya sudah dibekali fitur power saving atau belum tersedia. Namun biasanya seluruh ponsel telah membawa fitur power saving ataupun mode yang berfungsi sejenisnya. Perlu diketahui bahwa fitur tersebut tidak sepenuhnya dapat memperbaiki kualitas baterai namun tetap bisa bantu mencegah kerusakan daya.

3. Pakai Charger Original

Cara mengatasi baterai drop juga bisa penggunanya lakukan dengan memakai cas original atau bawaan saat pertama membeli. Penggunaan cas asli tentunya sangat berpengaruh terhadap umur baterai ponsel yang dimiliki. Hindari pemakaian cas ponsel lain sebab charger tersebut tentu mempunyai spesifikasi yang berbeda.

Agar baterai dapat tetap stabil, tingkat arus daya yang masuk pun juga harus memiliki kestabilan supaya kondisinya tetap baik. Supaya baterai ponsel tidak boros pengguna bisa memakai fast charging agar saat proses isi daya dapat lebih cepat. Memang sewajarnya pengguna memakai cas asli agar umur baterai tetap panjang.

4. Hindari Pemakaian Casing Yang Membuat Ponsel Panas

Meskipun terlihat sepele, nyatanya penggunaan cas yang tak tepat dapat menjadi salah satu sebab borosnya baterai ponsel. Penggunaan casing yang dianggap dapat melindungi ponsel untuk menghindari kerusakan fisik justru malah membuat daya baterai boros. Pengguna cenderung memilih casing dengan tampilan keren namun tidak memperhatikan dampak kerusakannya.

Baca juga : Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka

Sebaiknya memilih casing HP yang memiliki lubang untuk memberi ruang atau rongga ponsel jika mencari sinyal. Pastikan juga untuk melepaskan casing di waktu-waktu tertentu, misalnya saat sedang mengecas HP. Kemudian saat ponsel dirasa panas segeralah untuk melepaskan casingnya sampai suhu HP kembali normal.

5. Hindari Penggunaan Banyak Aplikasi

Sebagai pengguna yang bijak, lebih baiknya untuk selektif saat hendak mengunduh aplikasi-aplikasi pada ponsel. Saat dalam ponsel terdapat terlalu banyak aplikasi maka akan membuat baterai HP semakin boros. Pilihlah aplikasi-aplikasi penting dan diperlukan kemudian hapus aplikasi yang sekiranya jarang digunakan.

Memang terdapat sejumlah aplikasi yang dapat menguras banyak konsumsi baterai sehingga akan lebih baik kalau dihapus. Aplikasi yang menimbulkan boros baterai seperti yang selalu memunculkan pop up. Jika telah menghapus aplikasi-aplikasi yang jarang terpakai, setelahnya pengguna dapat merestart ulang ponsel.

Demikianlah tadi cara-cara yang bisa pengguna lakukan untuk mencegah terjadinya boros baterai pada ponsel. Saat pengguna selalu memperhatikan cara-cara di atas tentu akan membuat umur baterai semakin panjang. Artikel cara mengatasi baterai drop tersebut diharapkan dapat membantu pembaca yang sedang mengalami masalah daya HP.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar