Ketahui 5 Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka di Hp Ini!

Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka – Aplikasi Play Store wajib ada di semua hp android. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa melakukan update dan penambahan berbagai aplikasi yang sudah dijamin bebas dari virus. Sayangnya, akses ini tidak bisa pengguna dapatkan jika Play Store error. Ketahui cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka dalam ulasan ini.

Sebenarnya, ada banyak pilihan guna mengatasi hal ini. Terkadang penyimpanan yang terlalu penuh atau update software hp seringkali membuat perubahan pengaturan di hp. Pengguna perlu menyesuaikan kembali pengaturan sehingga Play Store bisa dipakai kembali. Simak apa saja cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka selengkapnya:

5 Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka di Hp

cara mengatasi play store tidak bisa dibuka
cara mengatasi play store tidak bisa dibuka

1. Atur Kembali Time Zone

Ponsel android merupakan ponsel yang memerlukan sinkronisasi yang tepat agar bisa digunakan secara optimal. Pengaturan tanggal dan waktu yang tidak sesuai dengan lokasi pengguna merupakan salah satu hal yang perlu disinkronisasi. Buka menu pengaturan atau setelan pada hp. Kemudian, masuk ke pengaturan tanggal dan waktu.

Selanjutnya atur tanggal dan waktu yang sesuai. Untuk ponsel android keluaran saat ini, pengguna bisa langsung mengatur tanggal dan waktu secara otomatis untuk disinkronkan dengan lokasi. Aktifkan pengaturan Time Zone disesuaikan secara otomatis. Jika sudah, pengguna bisa menutup menu pengaturan dan buka kembali Play Store.

Baca juga  : Cara Mendapatkan Koin di TikTok

2. Uninstall Pembaruan

Apakah baru-baru ini Play Store pengguna mendapatkan pembaruan secara otomatis? Biasanya pembaruan secara otomatis bisa menimbulkan kesulitan saat membuka Play Store, lho. Ini dikarenakan pembaruan sifatnya belum sempurna atau data sebelum pembaruan tidak bisa diakses. Pengguna bisa membuka menu pengaturan untuk mulai mengatasinya.

Kemudian lanjutkan dengan masuk ke pengaturan bagian aplikasi. Cari Google Play Store dan tekan untuk masuk ke bagian konfigurasinya. Selanjutnya, tekan tombol Uninstall Pembaruan. Jika tombol ini tidak bisa ditemukan, tekan tombol Paksa Berhenti atau Force Stop terlebih dahulu. Setelah itu, buka dan gunakan kembali aplikasi Play Store.

3. Bersihkan Cache Aplikasi Play Store

Sebenarnya, Google Play Store ini juga seperti aplikasi di hp lain pada umumnya. Adanya cache yang menumpuk akan mengganggu jalannya aplikasi. Salah satu metode atau cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka yaitu membersihkan cache. Masuk ke bagian konfigurasi aplikasi dan hapus cache. Lakukan restart dan buka kembali aplikasi.

4. Bersihkan RAM

RAM yang terlalu penuh bisa membuat Google Play Store tidak bisa dibuka. Pengguna perlu memastikan bahwa RAM yang dipakai masih memiliki ruang untuk aplikasi Play Store berjalan. Gunakan aplikasi cleaner untuk membersihkan RAM dari cache. Selain itu, pengguna juga bisa menutup aplikasi-aplikasi yang sudah tidak digunakan agar tidak terus berjalan di latar belakang.

Baca juga : Cara Mengatasi Jaringan Telkomsel Lemot

Hapus aplikasi-aplikasi yang tidak sering digunakan. Pastikan untuk rutin membersihkan sampah atau riwayat dari aplikasi yang memerlukan koneksi internet. Misalnya saja seperti browser dan media sosial. Kedua jenis aplikasi ini memakan ruang RAM yang cukup banyak. Jika sudah membersihkan RAM, lakukan restart dan buka Play Store kembali.

5. Reset Akun Google

Terakhir, pengguna bisa melakukan reset akun Google yang digunakan. Bukalah pengaturan di hp dan masuk ke bagian akun Google. Pilih akun Google yang sedang aktif di Google Play Store dan hapus. Usai berhasil terhapus, tekan Tambahkan Akun dan lakukan login akun Google kembali. Jika sudah, cobalah masuk ke Google Play Store lagi.

Itulah informasi apa saja cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka.  Pengguna bisa menggunakan olusi terakhir dengan Factory Reset untuk mengembalikan pengaturan hp seperti semula, jika cara-cara di atas tidak berhasil.

Tinggalkan komentar