Inilah Cara Mengatasi Windows Update Error Pada Windows 10, 100% Berjalan Lancar

Cara Mengatasi Windows Update Error Pada Windows 10 – Pembaruan yang terjadi pada sistem operasi terutama windows memberikan manfaat sendiri untuk penggunanya. Namun, ada beberapa kasus yang mengalami kegagalan dalam update dikarenakan ada masalah saat proses. Untuk mengetahui cara mengatasi windows update error pada windows 10, perlu memahami terlebih dahulu penyebabnya.

Sebab, beda penyebab masalah pastilah beda cara penanganannya. Maka dari itu pengguna OS Windows perlu menelusuri lebih lanjut terlebih dulu apa yang menyebabkan munculnya pesan error saat proses update berjalan pada PC ataupun Laptop. untuk mengatasinya, pengguna bisa mencoba menerapkan beberapa langkah berikut:

Cara Mengatasi Windows Update Error Pada Windows 10, 100% Berjalan Lancar

cara mengatasi windows update error pada windows 10
cara mengatasi windows update error pada windows 10

1. Lakukan Restart Pada Laptop atau PC

Hal pertama yang harus jalankan bila laptop atau PC mengalami error saat windows sedang update yaitu jangan bingung terlebih dahulu. Silahkan merestart perangkat tersebut karena kemungkinan saja, masalah tersebut ditimbulkan karena service sistem yang sedang bermasalah.

Selain itu, pastikan pengaturan windows updatenya secara otomatis agar bisa selalu mendapatkan pembaruan pada Microsoft. Untuk mengubah pengaturan menjadi otomatis yaitu dengan cara :

  • Tekan secara bersama tombol Windows+R pada keyboard
  • Ketikkan msc.
  • Klik kanan tulisan service windows update
  • Kemudian pilih properties dan ubah startup typenya menjadi automatic
  • Lalu klik apply dan ok

Baca juga : Cara Deactive Akun Instagram

2. Pastikan Jaringan Internet Stabil

Metode kedua yang bisa dicoba yaitu memastikan terlebih dahulu jaringan internetnya lancar atau tidak sebelum melakukan windows update. Sebab jika jaringan tidak stabil, akan mengakibatkan masalah saat proses update atau bahkan bisa saja sampai mengalami kegagalan.

Bila hal tersebut terjadi, biasanya pengguna akan mendapatkan pesan yang muncul pada layar monitor yang berisi kode tanda error saat akan membuka menu windows update.

3. Periksa Tempat Penyimpanan Pada PC atau Laptop

Cara mengatasi windows update error pada windows 10 selanjutnya dengan memastikan tempat penyimpanan komputer pengguna masih memiliki ruang. Sebab untuk melakukan update windows itu memerlukan tempat penyimpanan cukup kosong untuk memperbaiki dan memasang fitur tanpa ada masalah.

Apabila ruang yang digunakan penuh, maka akan terjadi beberapa masalah yang ditimbulkan. Contohnya dengan mendapatkan pesan error yang berkode. Biasanya tempat penyimpanan yang digunakan adalah Drive C.

4. Matikan Fitur Delivery Optimization

Bila ketiga cara diatas masih belum bisa mengatasi masalah windows update error, sebaiknya pengguna mencoba dengan mematikan fitur delivery optimization. Menu tersebut biasanya digunakan untuk memudahkan pengguna melakukan update sistem. Fitur tersebut sebenarnya menguntungkan bagi penggunanya, tetapi sering juga bisa menyebabkan ketidak stabilan jaringan internet yang terkoneksi.

Maka dari itulah, pastikan untuk mematikan terlebih dahulu sebelum melakukan windows update agar saat sudah proses pembaruan tidak mengalami kendala.

Baca juga : Cara Melihat Analytic Youtube

5. Perbaiki Fitur Update

Ada banyak juga yang mengalami masalah windows update error yang disebabkan karena adanya salah satu fitur pembaruan yang bermasalah. Bila itu terjadi, ada kemungkinan file pembaruan tersebut telah mengalami kerusakan. Jika seperti itu, langkah untuk mengatasinya yaitu dengan cara

  • buka control panel terlebih dahulu
  • lalu pilih troubleshooting
  • klik menu system and security
  • Klik kembali menu Windows update dan tunggu prosesnya.

Cara terakhir ini bisa dilakukan pengguna bila langkah-langkah sebelumnya masih tidak dapat mengatasi masalah windows yang error saat melakukan pembaruan.

Pengguna OS tersebut dapat mencoba beberapa cara mengatasi windows update error pada windows 10 di atas pada perangkatnya. Bila langkah-langkah diatas telah dilakukan tetapi masih belum tertangani, maka sebaiknya lakukan install ulang saja agar perangkat tidak mengalami blue screen atau timbul masalah yang lain.

Tinggalkan komentar