Efek Samping Upgrade RAM Laptop? Ketahui Sebelum Upgrade

Efek Samping Upgrade RAM Laptop – Upgrade RAM menjadi solusi seseorang yang ingin menambah performa laptop yang dimiliki. Cara ini bisa dibilang efektif dan lebih murah dibandingkan membeli laptop yang baru. Namun, para pengguna sering kali tidak menyadari efek samping upgrade RAM laptop pada penggunaan laptop.

Efek upgrade RAM laptop tidak selalu positif, ada efek samping tertentu yang mungkin merugikan bagi para pengguna laptop. Perubahan yang tidak seimbang, atau masalah lain mungkin saja muncul.

Karena itu, sebelum melakukan upgrade pada RAM laptop. Pastikan para pengguna laptop memahami terlebih dahulu efek samping upgrade RAM laptop dalam penjelasan di bawah ini:

Berikut Efek Samping Upgrade RAM Laptop

efek samping upgrade ram laptop
efek samping upgrade ram laptop

1. Membuat Performa Laptop Tidak Stabil

Mesin dan RAM laptop pasti sudah disesuaikan sejak awal oleh pabrik pembuatan, agar kinerja dan performa laptop menjadi stabil. Jika ada perubahan besaran RAM laptop, tentu saja akan menimbulkan potensi performa laptop menjadi tidak stabil.

Apalagi, dalam penambahan RAM pada laptop, ada kemungkinan beberapa komponen asli harus digantikan atau malah dirusak. Pada awal penambahan RAM, mungkin performa laptop terlihat meningkat.

Namun, seiring dengan penggunaan ada kemungkinan komponen yang tersisa akan rusak secara perlahan. Karena tidak stabilnya kinerja laptop, masalah-masalah pun akan mulai bermunculan. Seperti, laptop susah dimatikan atau cepat panas.

Baca juga : Menjadi Reseller Shopee

2. Merusak Bagian RAM pada Laptop

Penambahan RAM pada laptop adalah sesuatu yang sangat riskan. Para pengguna harus berhati-hati dalam memilih RAM yang cocok dan sesuai untuk ditambahkan pada laptop. Karena, jika jenis RAM yang digunakan tidak sesuai dengan kapasitas laptop.

Tentu saja, hal ini akan malah merusak bagian RAM pada laptop itu sendiri. Bahkan, penambahan jenis RAM yang tidak sesuai bisa merusak RAM asli dari laptop secara perlahan. Karena laptop diatur dengan kapasitas dan perangkat yang tidak sesuai.

3. Meningkatkan Kemungkinan Error Pada Laptop

Efek samping upgrade RAM pada laptop adalah meningkatkan kemungkinan error pada laptop itu sendiri. Error  tersebut terjadi karena ada beberapa fitur dan sistem laptop yang tidak berfungsi baik.

Hal ini terjadi karena perubahan fungsi maupun tata letak dari laptop yang disebabkan adanya penambahan RAM. Error ini biasanya bersifat sementara saja dan lebih banyak terjadi pada awal penambahan RAM.

Namun, error ini juga bisa menjadi masalah yang permanen. Apalagi, jika jenis RAM yang ditambahkan tidak sesuai dengan perangkat asli. Jadi, perangkat laptop kesulitan untuk menyesuaikan respon dan RAM kemudian menghasilkan error terus menerus.

Baca juga : Cara Mendapatkan Koin Shopee Gratis

4. Merusak Bagian Hardware Laptop

Ketika melakukan upgrade pada RAM, maka para pengguna laptop harus menyediakan ruang pada laptop untuk meletakkan RAM. Untuk meluangkan ruang untuk RAM ini, biasanya para pengguna laptop mengorbankan beberapa bagian hardware laptop.

Selain itu, jika memang RAM yang dipasang laptop tidak cocok dengan sistem asli laptop. Maka, hal ini akan mempengaruhi kinerja hardware laptop yang tersisa. Apalagi, jika laptop sudah melebihi kapasitas kerjanya.

5. Biayanya Tidak Murah

Seperti yang disebutkan sebelumnya, penambahan RAM memang terkesan lebih murah dibandingkan membeli laptop baru. Namun, mengingat biaya penambahannya dan potensi rusak laptop seperti yang dijelaskan di atas.

Bisa dikatakan biaya penambahan RAM sebenarnya tidak semurah itu. Para pengguna membutuhkan banyak dana persiapan jika laptop error.

Itulah efek samping upgrade RAM laptop yang mungkin tidak banyak diketahui. Sebelum melakukan upgrade, pastikan para pengguna laptop memahami resiko-resiko yang sudah dijelaskan di atas.

Tinggalkan komentar