Gagal bayar Maucash Tepat Waktu akan Mendapat 4 Resiko Ini

Gagal bayar Maucash – Bagi sebagian orang yang pernah masuk dalam dunia pinjaman online, pasti mengenal apa yang bernama Maucash. Itu adalah sebuah platform yang menyediakan pinjaman tunai atau paylater guna memenuhi kebutuhan nasabahnya. Lalu bagaimana nasabahnya yang gagal bayar maucash?

Apakah mereka akan mendapatkan sanksi atau hal lain sebagai ganjarannya? Bagi yang melanggar kewajibannya untuk membayar tagihan hingga jatuh tempo akan ada kebijakan yang ditetapkan. Seperti beberapa resiko berikut yang ditetapkan bagi yang telat atau gagal bayar maucash:

Resiko Gagal bayar Maucash Tepat Waktu

gagal bayar maucash
gagal bayar maucash

1. Membayar denda

Pihak maucash sudah pasti akan memperhitungkan nasabah yang telat atau gagal bayar maucash. Mereka yang mengalami hal tersebut akan dikenai beberapa sanksi dari maucash seperti salah satunya adalah membayar denda keterlambatan.

Pihak maucash juga sudah memperingatkan di awal pinjaman dengan persetujuan dari peminjam. Jika peminjam sudah menyetujui ketentuan tersebut maka maucash berhak melakukan apa saja sesuai dengan yang ada dalam perjanjian tersebut.

Jadi peminjam mau tidak mau harus membayar denda keterlambatan karena hal tersebut masuk kedalam perjanjiannya. Tenang saja denda akan mulai diberlakukan ketika gagal bayar maucash tepat waktu saja. Biaya tersebut akan diberikan sejak lewat jatuh tempo dan membuat hutang bertambah.

Baca juga : Cara Mengaktifkan Akun Kredivo yang Terblokir Permanen

2. Pinjaman Dibekukan

Penilaian profil menjadi suatu acuan berapa limit pinjaman yang bisa diberikan pada sesorang. Misal ada seseorang dengan gaji puluhan juta, maka limit pinjaman yang akan diberikan bisa saja menjadi sangat besar karena kemampuan dari peminjam itu sendiri.

Limit pinjaman bisa terus meningkat jika pinjaman terus menerus dilakukan dengan tepat waktu pembayaran tagihannya. Hal tersebut umum dilakukan pada beberapa jenis pinjaman lain.

Namun hal sebaliknya juga bisa saja terjadi, jika pinjaman telat dibayar secara tepat waktu. Akun pemiliknya bisa saja dikurangi limit pinjamannya ke level yang lebih rendah selama batas waktu yang ditentukan. Bahkan hal yang paling parahnya adalah pembekuan pinjaman pada akun tersebut.

3. Bisa masuk Blacklist beberapa pinjaman

Maucash adalh sebuah lembaga fintech resmi yang sudah berizin OJK sejak lama. Maucash bekerjasama dengan OJK dan juga beberapa fintech lain melalui fintech data center atau disingkat FDC.

Jika ditemukan suatu akun atau peminjam yang terbukti telat melakukan pembayaran maka datanya akan masuk dalam data center itu. Otomatis fintech lain bisa melihat rekam jejak dari nasabah tersebut. Datanya bisa dilihat lembaga keuangan lain seperti Bank untuk ditelusuri jika melakukan pinjaman lagi.

Baca juga : Ketentuan Penggunaan Kredivo

Tentu saja akibatnya adalah kesulitan saat melakukan pinjaman di lembaga keuangan lain bukan hanya fintech. Tidak ada lembaga keuangan lain yang akan menerima pengajuan pinjamannya jika rekam jejaknya buruk.

4. Mengalami tekanan

Terakhir resiko yang mungkin akan hadir pada sebagian orang yang tidak biasa mengalaminya adalah tekanan yang hebat bahkan stress. Seseorang dengan ketahanan psikologis yang lemah bisa saja mengalami stress dan depresi saat mengalami kegagalan bayar pinjaman.

Tagihan akan datang terus menerus sampai hutang tersebut dibayar lunas beserta dengan denda yang terkumpul. Namun tenang saja, ada prosedur penagihan tersendiri yang ditetapkan oleh semua fintech yang berizin OJK. jadi pihak maucash juga tidak bisa semena -mena dalam menagih hutang.

Namun tetap saja tagihan yang datang terus menerus bisa mengganggu aktivitas sehari-hari berkat tekanan yang didapatkan.

Itulah beberapa resiko yang didapatkan jika gagal bayar maucash secara tepat waktu. Inilah resiko yang harus ditanggung jika berencana untuk mendapatkan pinjaman. Sehingga saat meminjam uang harus punya rasa tanggung jawab yang besar untuk melunasinya.

Tinggalkan komentar